Pages - Menu

Tab Menu

11.10.2013

Menjaga Agar Mac Selalu Sehat Dan Cepat

Clear System Cache

Langkah ini bagi yang mempunyai ruangan hardsik yang semakin sedikit. Dengan membersihkan cache aplikasi yang tersimpan di dalam akun Mac. Ada banyak aplikasi untuk membersihkan system. Saya memakai MacPilot. Aplikasi lainnya yang berfungsi sama adalah Onyx. Ada satu tips manual di Mac OS X Hint.

Jalankan Disk Utility

Disk Utility bukan hanya untuk format atau burn CD saja. Kegunaan paling utama dariDisk Utility adalah untuk memperbaiki permission sistem Mac OS X, serta memperbaiki sektor hard disk.
Sebaiknya jalankan Disk Utility, Repair Disk Permission dan Verify Disk secara berkala, lebih sering lebih baik.


Jalankan Script Maintanance

Bukalah Terminal, ada di dalam folder Applications/Utilities. Kemudian ketikan perintah ini.
sudo periodic daily weekly monthly
Anda akan ditanya password, ketikan password Administrator. Setelah itu script-nya akan bekerja. Apabila Anda belum sama sekali menjalankan script ini, akan butuh waktu yang lama.

fsck sang penyelamat

Pada suatu saat, hardisk Anda tidak bisa lagi diperbaiki menggunakan Disk Utility. Pada saat itulah fsck dapat memperbaikinya. Apa sih fsck? fsck adalah sebuah aplikasi antar muka teks, File System Check.
Untuk memperbaiki harddisk sistem yang rusak, Anda harus log-in dalam mode single-user. Kami pernah menuliskan bagaimana caranya memakai mode single-user.
Pada mode ini, tidak ada antar muka indah, hanya ada terminal saja. Ketikan perintah di bawah ini
sudo fsck -f
Selanjutnya tunggu beberapa saat, sampai selesai. Kemungkinan besar fsck tidak akan gagal. Kalau masih gagal mungkin saatnya ganti harddisk :-p
Semoga tips ini dapat membantu Anda. Bantu kami dengan menyebarkan tulisan ini lewat situs jejaring sosial Anda.

Sumber: MakeMac

No comments:

Post a Comment